when the old ide threatened

And it ought to be remembered that there is nothing more difficult to take in hand, more perilous to conduct, or more uncertain in its success, than to take the lead in the introduction of a new order of things.
Because the innovator has for enemies all those who have done well under the old conditions, and lukewarm defenders in those who may do well under the new.
(by Nicolo Machiavelli, The Prince, Written c. 1505, published 1515).

Tulisan diatas dicopy paste dari g+ saya pada tanggal 4 Agustus 2013. Hampir 400 tahun statement tersebut, dan masih saja cukup bagus untuk menggambarkan kondisi daerah baru yang penulis datangi. Daerah paling ujung Swarnadwipa. Sudah satu tahun penulis berada di daerah ini. Mencoba menjejakkan kaki dan melukis cita dengan berdiri tegak disini.

Sebagai pendatang, menyamakan ritme dan mensinergiskan kebiasaan bisa jadi merupakan hambatan awal yang harus dilalui. Melihat potensi yang ada utk kemudian disinergikan dengan potensi yang dimiliki. Jelas ada yang perlu diganti dari kebiasaan-kebiasaan lama. Ada pula kebiasaan baru yang perlu diadaptasi.

Portrait_of_Niccolò_Machiavelli_by_Santi_di_TitoSebagai pekerja, memberikan ide/gagasan/inovasi serta menggerakan kota ini untuk lebih besar di ranah IT adalah kewajiban yang harus dieksekusi. Hegemoni rumah mahal terancam dengan adanya rumah murah bahkan gratis misalnya. Semoga para developer rumah mahal paham bahwa dengan memberikan rumah murah/gratis maka sistem bisnis mereka jadi “halal”. Bahwa rumah mahal adalah mewah dengan segala fiturnya. Bahwa rumah murah, ya cukup seadanya sesuai dengan prinsip dasar kebutuhan tempat tinggal saja.

Rumah mewah pantasnya memiliki keamanan dan kenyamanan yang memiliki kasta tersendiri, dibanding dengan rumah sederhana. Jika setiap orang telah memiliki rumah sederhana, maka jadi lebih pantas bagi pemilik rumah untuk bercita-cita selanjutnya : memiliki rumah mewah. Dan hal ini pasti akan kembali ke developer rumah : jadi lebih pantas untuk memberikan harga rumah mewah yang akan dibangunnya.

Dan entah butuh berapa lama untuk mengajak penduduk untuk memiliki rumah. Sementara Nicolo Machiavelli sudah mengingatkan hal diatas jauh-jauh hari.

Medio Banda Aceh, 2013 when the old ide threatened

PS :
– anda berhak untuk mengganti kata rumah diatas menjadi situs, aplikasi atau apapun yang terkait dengan dunia penulis yaitu : IT.